Mitsubishi Pajero berawal dari Reli

1591866563-dsc03397-pajero-sport-webjpg

Dunia balap mobil memang tidak dapat dilepaskan dengan DNA Mitsubishi. Bisa dibilang jika dari ajang balap mobil inilah Mitsubishi mendapatkan nama besar. Salah satunya di ajang balap reli, di mana Mitsubishi merajai ajang ini sejak tahun 1980-an. Dari ajang diandalkan inilah mobil-lahir Mitsubishi yang sekarang hadir di Indonesia.

Di Indonesia siapa yang tidak kenal dengan Mitsubishi Pajero Sport, SUV bermesin diesel yang tangguh dan juga gagah. Ternyata cikal bakal berhasil diluncurkannya SUV 7 penumpang ini juga tidak bisa dibeli dari ajang balap reli dengan Mitsubishi Pajero. Bahkan bersama Mitsubishi Pajero ini Mitsubishi tidak pernah mengukuhkan sebagai pemimpin dari balap terganas di dunia, reli Dakar.

Nama Dakar kemudian identik dengan Mitsubishi Pajero Sport karena pabrikan Jepang ini merupakan pemegang gelar kemenangan kategori mobil terbanyak. Di mana, semua kemenangan ini dipersembahkan hanya oleh satu nama, Mitsubishi Pajero.

Hal ini dirilis berdasarkan data yang dirilis, model Pajero Evolution Dakar sukses merajai gelaran ini sebanyak 12 kali. Hal ini dibaca sejak 1985. Mitsubishi Pajero berhasil setelah tujuh tahun, dengan tak terkalahkan dan menjadi juara reli Dakar di tahun 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007.

Inilah cikal akan dari Pajero Sport yang kemudian menjadi SUV pilihan konsumen Indonesia. Meski kedua ini merupakan spesies yang berbeda, tetapi antara Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport mendapat persetujuan dari sisi ketangguhan dan juga daya tahan.

Generasi Pertama

Sebenarnya Mitsubishi Motors pertama kali merilis Pajero Sport pada 1996 yang dirilis. Mobil SUV ini memiliki desain yang sesuai kotak dengan postur yang gagah. Awalnya Pajero Sport ini memang hanya dipasarkan untuk keperluan domestik di Jepang saja, namun belum diperuntukkan bagi para pengguna di negara tersebut. Mobil ini mulai dirakit di Tiongkok tahun 2003, dan Brasil tahun 2006.

Generasi awal dari Pajero Sport ini telah dilengkapi dengan suspensi depan independen (suspensi depan independen) dengan torsion bar dan poros belakang langsung. Dalam perkembangannya, suspensi belakang mobil ini juga mengalami pergantian dari per daun menjadi per keong pada akhir tahun 2000.

Generasi Kedua

Di Tanah Air, Mitsubishi Pajero Sport hadir di Indonesia pertama kali pada 2009 yang hadir di generasi kedua ini. Kala itu Pajero Sport memiliki konsep kendaraan All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV) yang tangguh di segala medan namun tetap nyaman untuk aktivitas di dalam kota.

Pajero sport memiliki ruang kabin yang luas, tujuh kursi penumpang dan bahan bakar kendaraan irit ini juga cocok digunakan sebagai kendaraan keluarga untuk berbagai aktivitas. Awalnya Pajero Sport menggendong mesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged dan Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm.

Dua tahun berselang, Mitsubishi memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Commonrail yang lebih bertenaga, dapat diandalkan namun tetap efisien bahan bakar. Dua tahun berikutnya pada 2013 Pajero Sport mendapat penyegaran total dengan 9 perubahan di eksterior dan interior, memberikan tampilan yang semakin sporty, dinamis dan agresif.

Memasuki tahun 2014 Mitsubishi Motors kembali menambah varian Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220 PS yang menghasilkan tenaga yang besar, suara yang halus serta emisi gas buang yang rendah.

Generasi Ketiga

Awal tahun 2016, Mitsubishi Pajero Sport mendapat generasi baru dengan tampilan yang benar-benar baru dan lebih modern. Desain eksteriornya diubah oleh garis-garis tajam dengan DNA Dynamic Shield Mitsubishi di bagian depan.

Bagian mesin juga mendapat revisi dengan mesin baru 4N15 2,4 liter MIVEC yang menghasilkan tenaga 181 PS dengan torsi 430 Nm. Tidak hanya itu, Pajero Sport terbaru ini juga mendapat transmisi baru yaitu otomatis 8 percepatan, yang menawarkan transmisi gigi lebih halus dan hemat bahan bakar yang lebih baik.

Sektor kaki juga mendapat penyempurnaan, sehingga Pajero Sport generasi terbaru lebih nyaman dikendarai di berbagai medan.

Sejak diluncurkan hingga Mei 2020, peserta Pajero Sport di Indonesia mencapai lebih dari 160.000 unit. Totalnya sudah ada 160.510 unit Pajero Sport di Indonesia sejak diluncurkan pada 2009 silam.

Sumber: mitsubishi-motor.co.id

Write a comment